Kuliner: Iwak Kalen Wadher Lembutan Urang “Budhe Mul” Patikraja

Posted on

cakpoer - wrg budhe mul wadher urang 2

Halo sedhulur semua… saya mau bahas tentang kuliner lagi nih, masih tentang makanan berat (baca: mengenyangkan perut) – kali ini makanannya tentang ikan, yups tepatnya ikan sungai / iwak kalen diantaranya seperti: wadher, lembutan, goso/gabus & udang sungai/urang kali.

cakpoer - wrg budhe mul 1

Warung makan sederhana yang terletak di sekitar perempatan Patikraja ini memasang spanduk menamai dirinya dengan “Warung Makan Budhe Mul”. Memang benar-benar sederhana khas warung Banyumasan, sehingga tidak membuat canggung calon pembelinya yang khawatir jika harus merogoh kocek cukup dalam untuk harga makanannya. Selama saya berada di dalam warung ini saya perhatikan memang konsumennya sangat beraneka-ragam, ada yang pegawai, bakul pasar, tukang becak dll. semua membaur menjadi satu untuk sebuah tujuan –> Mengenyangkan perut :mrgreen:

Saatnya Makan…

cakpoer - wrg budhe mul wadher urang

Waktu itu sengaja saya pesan nasi + lauk iwak kalennya lembutan, wader + urang kali (campur) + kuah sop bening, dengan harapan bisa mencoba rasa dari aneka ikan-ikan kecil dari sungai Serayu ini. Yups….kebanyakan ikan-ikan sungai ini memang diperoleh dari sungai Serayu dan sekitarnya yang disetor oleh para pemburu ikan baik itu dengan cara dipancing atau dijala.

cakpoer - wrg budhe mul wadher urang 3

Yummy….iwak kalennya memang gurih tapi sayang bumbunya agak kurang nendang, jadi aroma amis ikannya masih sedikit tercium, tapi setelah di-combine dengan sayur sop bening aroma amis itupun tidak terlalu dominan lagi dan semakin menambah nikmat paduan gurihnya iwak kalen & segarnya kuah sop. JOZZ…

Baca juga:  Swejuknya Berwisata di Kebun Teh Kaligua - Brebes

Oh iya jika kita memesan secara “default”, nanti ibu-ibunya akan memberikan porsi nasinya ala porsi kuli / tukang becak 😀 , maka dari itu disarankan bagi sampeyan yang lagi program diet jangan lupa untuk mengingatkan ibu-ibunya mengenai takaran nasinya.

Puas dengan iwak-iwak kalen yang ternyata enak juga jika buat cemilan, saatnya menunaikan kewajiban membayar hasil karya Budhe Mul ini. Ternyata dengan lauk iwak kalen gurih tadi + nasi porsi kuli  feat kuah sop + teh manis anget, saya hanya merogoh kocek Rp. 12.000,- saja, murah kan?

So jika sampeyan sedang melawati daerah Patikraja, jangan lupa sempatkan mampir di warung Budhe Mul ini, karena warung dengan menu lauk iwak kalen ini cukup jarang ditemui di Banyumas (setidaknya jika dibandingkan dengan warung rames biasa).

Letaknya persis di barat pertelon Patikraja, depan/sebrang Masjid Patikraja dan juga masih satu komplek dengan kawasan Pasar Patikraja Banyumas.

Coordinate: 7°29’18.5″S+109°13’20.4″E

Peta Lokasi:

peta patikraja

Gravatar Image
Seorang suami, ayah & paman dari keluarga kecil yang bahagia, yang bercita-cita menjadi wirausahawan yang sukses, ingin mengangkat perekonomian di desa dengan cara yang kreatif

12 thoughts on “Kuliner: Iwak Kalen Wadher Lembutan Urang “Budhe Mul” Patikraja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *