Petunjuk Cara Pencairan JHT 10% Kantor BPJS TK Purwokerto

Posted on

Petunjuk Cara Pencairan JHT 10% Kantor BPJS TK Purwokerto

Dengan diberlakukannya aturan baru tentang pencairan dana JHT, maka kantor-kantor BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) akhir-akhir ini ramai sekali di serbu para peserta yang akan melakukan pencaiaran JHT, baik karyawan yang sudah di PHK, mengundurkan diri atau karyawan yang masih aktif bekerja yang ingin mencairkan dana JHT 10% atau 30%. Di Kantor BPJS TK Kota Purwokerto (maps lokasi) sendiri pun mengalami hal yang sama, kantor yang baru di buka pukul 08:00 WIB ternyata sudah ramai oleh antrian dari para peserta. Untuk itu biar mudah & lancar berikut ini Tips & Cara Untuk Mencairkan Dana JHT 10%:

Mempersiapkan Dokumen Persyaratan:

  1. KPJ (Kartu Peserta Jamsostek)/Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Asli) disertakan fotocopy satu lembar.
  2. eKTP/SIM/Pasport (Asli) sesuai Nama Peserta, disertakan fotocopy satu lembar.
  3. Kartu Keluarga (Asli), disertakan fotocopy satu lembar.
  4. Surat keterangan (asli) dari perusahaan bahwa masih aktif bekerja atau lebih bagus lagi ditambahkan keterangan untuk keperluan pencairan dana JHT 10% juga disertai difotocopy satu lembar.
  5. Buku tabungan (asli) sesuai nama peserta, disertakan fotocopy satu lembar. Untuk tempat transfer uang dana JHT jika menghendaki sistem transfer.
  6. Mengisi formulir pencairan JHT lengkap.
Formulir Pengajuan Pembauaran Dana JHT
Formulir Pengajuan Pembauaran Dana JHT

Dari rumah dokumen ini sudah disiapkan dan semuanya di fotocopy masing-masing 1 lembar, agar tidak berceceran dokumen asli lebih baik di klip dengan penjepit dan semua dokumen dimasukkan kedalam stopmap.

Tips: Datanglah ke Kantor BPJS TK lebih pagi atau sekitar pukul 07:00, karena nantinya peserta BPJS TK yang lain juga sangat banyak dan pastikan dokumen persyaratan sudah dikroscek kelengkapannya.

Memasukkan Dokumen Persyaratan & Formulirnya Ke Dalam Dropbox

Baca juga:  MotoGP: Crash FP4 Alex de Angelis Cukup Parah
Sumber: aryaperdhana.wordpress.com

Di Kantor BPJS TK Purwokerto ternyata tidak menggunakan sistem nomor antrian, namun mengacu berdasarkan urutan tumpukan dokumen terbawah s/d teratas yang ada didalam Dropbox. Jadi disini kita harus selau standby untuk menunggu panggilan nama kita.

Tips: sebaiknya dari rumah kita sudah sarapan dan mungkin juga bisa membawa bekal snack atau roti kecil, karena kita dituntut untuk standby menunggu, karena kalau sampai terlewat maka akan semakin memperpanjang waktu kita mengantri.

Menunggu panggilan

Panggilan nama bisa 2 kali, yaitu:

  • Panggilan pertama: dari loket bagian verifikasi dokumen, jadi kita akan dipanggil jika dokumen kita ternyata ada kekurangan atau ternyata terdapat persyaratan tambahan.
  • Panggilan kedua: konfirmasi tahap pencairan dan penjelasan akan dilakukan pecairan secara tunai atau transfer. Untuk nilai dana JHT yang akan dicairkan di atas Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah), maka pencairan akan dilakukan secara transfer via rekening tabungan kita yang masih aktif, dan jangka waktu pentransferan bisa memakan waktu 1-2 minggu dari permohonan pencairan dana JHT masuk.

Untuk saat ini karena begitu antusiasnya para peserta BPJS TK untuk mencairkan dana JHT, asumsinya jika kita memasukkan dokumen ke dalam dropbox pukul 08:00 pagi, mungkin giliran panggilan paling cepat pukul 14:00 (namun hal ini relatif, tergantung disaat jam berapa tumpukan dokumen dropbox terbanyak terjadi).

Selamat mencairkan & Semoga bermanfaat (cakpoer)

Gravatar Image
Seorang suami, ayah & paman dari keluarga kecil yang bahagia, yang bercita-cita menjadi wirausahawan yang sukses, ingin mengangkat perekonomian di desa dengan cara yang kreatif

27 thoughts on “Petunjuk Cara Pencairan JHT 10% Kantor BPJS TK Purwokerto

    1. @anjar: kemungkinan berdasarkann jumlah antrian peserta yg ingin mencairkan dana JHT nya, untuk di Purwokerto sendiri sekarang bisa sampai 2 minggu (dari waktu pengajuan pencairan)

    2. Dibogor senin 30sep15 6bln..mei 2016 baru bisa mengajukan pencairann..bru ambil formulirnya ajja..real testi nih

    3. sodaraku mo klaim tp ternyata nama di eKTP sama dijamsosteknya beda(karena kesalah penetikan Oleh PT). padahal tempat bekerja diluar pulau dan terpencil.besar biaya untuk ke tempat kerja tidak sebanding dg dana yg akan dicairkan,.trs harus bagaimana?apa kah dibiarkan saja dan apakah akan menjadi keuntungan Jamsostek???

  1. Mas, kalau saya mau mencairkan tapi saya sudah tidak ada nomor rekening bagaimana ? (Karena pencairan diatas 1juta) jika ditransfer melalui rekening istri, atau saudara yg ada bagaimana?

    -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-
    Juni_R
    Banjarnegara

  2. @juni rianto: menurut informasi yg saya dapat, nomor rekening yg didaftarkan harus sesuai dgn nama di kartu peserta BPJS TK/JAMSOSTEK, namun jika tidak punya buku tabungan, di Kantor BPJS TK Purwokerto sudah tersedia counter mobil BNI 46 untuk keperluan pembukaan rekening khusus untu pencairan JHT dgn saldo minimal Rp. 0,- CMIIW

  3. Hari senin sy coba pencairan jht bpjs cab bogor 1 ..Blm ngasih data .. Cuma ambil formulir disuruh balik lagi ke kantor bpjs-nya 6 bln lgi..
    Itu bru ambil formulir..data blm masuk..
    Kalo dikantor cab bpjs purwokreto bagaimana..mohon informasinya.. Karena saya orang banyumas yg tinggal dibogor

  4. @rizal miczahudin:
    mohon maaf mas agal lama replynya, update yg saya dapet di kantor BPJS TK Purwokerto sekarang menggunakan sistem antrian kartu ber-nomor, nah tetapi untuk mendapatkan nomor antrian tersebut harus rela pagi-pagi sudah berada di kantor BPJS TK, bahkan katanya ada yg rela nginep di sekitaran kantor.

    kita akan dilayani jika sudah mendapatkan kartu antrian tersebut

  5. mau nanya mas kalo KARU KPJ nya hilang tapi kita punya paklaring sama masih inget nomer KPJ nya bisa di cairkan apa ga yah kira2. soalnya udah minta bikin KPJ yg baru kata kantor BPJS nya tidak bisa bikin lg yg baru. tolong dong mas solusinya.

    1. @brom:
      kalo masnya masih bekerja di perusahaan yg dulu memberikan kartu KPJ bisa minta dibikinkan baru (yg mengurus perusahaan).

      Tapi kalo sdh tdk bekerja lagi memang lbh sulit, namun masnya bisa meminta kartu KPJ DUPLIKAT dgn persyaratan:
      – surat keterangan hilang dari kepolisian
      – surat pengantar dari perusahaan d tujukan ke BPJS TK

  6. Pak .waktu daftar bpjs sya lajang pakai KK msih ikut orang tua.klo skrg udh punya KK sendiri krn udah menikah.persyaratanya sya memakai KK yg mana pak.

    1. @mba febri:
      mohon maaf agak lama replynya, saran saya sebaiknya dua-duanya di bawa sekaligus membawa buku nikah, sebagai bukti bahwa telah berpindah KK.

      semoga membantu

  7. Maaf saya bertempat tinggal di bumiayu kab.brebes. apakah saya bisa mengklaim dana bpjs ketenagakerjaan saya di purwokerto? Terima kasih

    1. @Mbak Dwi Suryani:
      Mohon maaf baru bisa balas, sepertinya saat ini tidak bisa mbak, karena persyaratannya juga ada KTP domisili setempat (sesuai kantor BPJS TK), dan untuk di Purwokerto sendiri peminat pencairan dana sangat besar, sampai antri panjang, dan di prioritaskan untuk KTP domisili Banyumas dskt.

      Semoga bermanfaat 😉

  8. Selamat pagi pak…sy mau tanya klo gk ada srt tembusan dari pt untuk pncairan bpjs apakah bisa di ambil semua?biasa wktu brp lama smpai dana cair?trima kasih

  9. maaf Pak, mau tanya.dulu saya kerja di bandung.mau mencairkan danaJHT saya.kalau dicairkan di kantor BPJS ketenaga kerjaan di purwokerto bisa gga Pak..? terima kasih.

  10. Mau tanya donx…
    Kalau selama kerja belum dikasih kartu nya gimana yah..sampe saya habos kontrak pun kartunya belum jadi jg.sdangkan saya mau nyairin.tp kartunya gak ada..mohon masukannya yah..

    1. Mau tanya donx…
      Kalau selama kerja belum dikasih kartu nya gimana yah..sampe saya habos kontrak pun kartunya belum jadi jg.sdangkan saya mau nyairin.tp kartunya gak ada..mohon masukannya yah..

    2. @mba merry: harus ada kartu bpjs tk, karena dari situ ketauan semua data2 termasuk saldo terakhir di BPJS TK, mbak merry harus memintanya ke perusahaan, karena itu hak pekerja

      Semoga membantu 😉

  11. Mau tanya.. untuk persyartan’a yg g ada pakelaring’a gmn pk..? Cz sya prnh krj’a di BATAM. apakah bisa di cairkn p g pk..? Dari bumiayu

    1. @mas kurniawan:
      Salah satu syaraylt utama pencairan dana BPJS TK harus ada paklaring, mas kurniawan mau gamau harus meminta paklaring ke perusahaan tmpt peru bekerja dulu

      Semoga membantu 😉

  12. mau tanya pak . kemarin kan saya minta caping ke depnaker purwokerto tp karna saya kurang surat pengantar di tolak .dan di tuliskan surat pengantar permohonan dari disnaker untuk di berikan ke petugas bpjs tp di situ di tolak harus pakai caping dimana saya dulu kerja .kalo begini kasian yang kerja di luar daerah banyak yang kesulitan . tolong solusinya bgmn cara jalan pintasnya . trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *