[Rumor] KTM-Bajaj Akan Beli Ducati? Pengumuman Resmi dalam 2 Minggu Ini

Posted on

Berdasarkan sebuah laporan dari Economic Times yang telah mengklaim, bahwa Pabrikan KTM-Bajaj akan segera mengambil keputusan baru melalui kesepakatan dengan Volkswagen. Seperti banyak diketahui KTM-Bajaj mempunyai kans (peluang) besar untuk segera mengakuisisi pabrikan Superbike Italia ini. Dan secara tidak langsung, Bajaj Auto sangat diuntungkan dalam posisi ini, bagaimana tidak – pabrikan asal Mr. Vijay ini akan diapit oleh dua pabrikan motor tereksotis di dunia.

Kemitraan baru ini dapat membuka pintu untuk kedua merek tersebut, dimana kemungkinan besar ketika Ducati masuk ke pasar Asia tentunya semakin mudah dengan jaringan Bajaj-Auto. Meski masih belum 100 persen rencana akuisisi iini, nampaknya kedua belah pihak telah mengajukan penawaran yang menguntungkan saat ini.

Bajaj Auto adalah investor utama karena saat ini mereka memiliki cash INR 13.250 Crore (sekitar Rp 2,7 Triliyun). Rajiv Bajaj bahkan mengklaim bahwa dengan jumlah invest ini untuk men-support penuh kelangsungan pertumbuhan perusahaan barunya.

Selain itu ada beberapa pertanyaan yang muncul, apakah Bajaj juga akan menambah jumlah sahamnya di KTM, namun Bajaj Auto menegaskan bahwa mereka untuk saat ini belum ada rencana untuk mengambil sisa 52 persen dari Stefan Pierer (Owner KTM). Mereka percaya bahwa sudah melakukan yang terbaik untuk perusahaan dan semua sudah diperhitungkan. Membawa Ducati ke sisi mereka akan membantu pabrikan Italia ini berkembang melalui dukungan Bajaj. Mereka dapat melokalisasi sebagian besar produk dan dengan demikian, penjualan diharapkan lebih meningkat.

Baca juga:  Sekilas Perbedaan Pulsar 200 NS & (Kemungkinan) Pulsar 150/180 NS

Ducati telah menjual 55.451 unit motornya pada tahun 2016 dan membawa omset 731 juta Euro. Pabrikan yang bisa dibilang sukses seperti itu tentunya aneh jika akan dijual ke pihak lain, tetapi skandal “Emisi Diesel Volkswagen ” telah membuat mereka berpikir ulang, demi strategi dan masa depan mereka. Ducati saat ini masih milik Audi dan dengan demikian akan mengorbankan hal yang sama guna membayar denda yang sangat besar dan segera melanjutkan rencana masa depan.

Satu hal yang mungkin terjadi jika Bajaj benar-benar merealisasikan rencana besar ini, maka Ducati bisa masuk ke segmen baru (bukan moge/big bike saja), yaitu motor dengan CC lebih kecil untuk dipasarkan ke negara-negara berkembang. Potensi besar dengan adanya Ducati yang ikut memproduksi motor CC kecil, tentunya diharapkan sentuhan eksotis pada moge-mogenya dapat ikut ditularkan pada motor kecilnya.

Sumber: maxabout.com

Gravatar Image
Seorang suami, ayah & paman dari keluarga kecil yang bahagia, yang bercita-cita menjadi wirausahawan yang sukses, ingin mengangkat perekonomian di desa dengan cara yang kreatif

One thought on “[Rumor] KTM-Bajaj Akan Beli Ducati? Pengumuman Resmi dalam 2 Minggu Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *