Review: Kawasaki Z900 vs Triumph Street Triple R vs Yamaha FZ-09

Posted on

Ketika Yamaha memperkenalkan FZ-09 pada tahun 2014, motor ini langsung menjadi benchmark motor super-sport dikelasnya. Yamaha sangat menikmati penjualan yang luar biasa diawal rilisnya, berkat hadirnya konfigurasi mesin 3 cylinder inline 847cc dengan power bengisnya dan dilego Yamaha cukup dengan bandrol $ 7.990 (Sekitar Rp 107-jutaan).

Sementara itu perlahan-lahan harganya merambat naik menjadi sekitar $ 1.000 untuk tahun perakitan terbaru, dan untuk mempertahankan penjualannya FZ-09 2017 sudah dilengkapi dengan adjustable, traction control, ABS, lampu LED, dan fresh design.

Namun update FZ-09 ini agak telat, karena di segmen ini, Kawasaki dan Triumph ternyata juga sudah ikutan terjun memanaskan pangsa-pasar super sport 800cc ini.

Untuk brand Kawasaki kini semakin fokus, mereka menggantikan model Z800 dan Z1000 dengan all-new 948cc inline-four-powered Z900 yang menawarkan performa mesin dan chassis yang kompetitif seharga $ 8.399 (tanpa ABS) dan $ 400 lebih mahal untuk versi ABS.

Kawasaki Z900 vs Triumph Street Triple R vs Yamaha FZ-09

Disisi lain pabrikan non-Jepang Triumph pun menjawab panggilan tersebut, dengan menggantikan Street Triple yang berbasis 675 dengan trio varian baru dengan chassis model khusus untuk mesin 765cc. Saat ini untuk versi termurahnya Street Triple S dibandrol dengan harga $ 9.900, bandingkan dengan type model R dengan bandrol lebih mahal $ 11.200. Yang membedakan untuk type R ini adalah dengan part & fitur yang tidak ada pada versi entry-level seperti: part cam yang didesign lebih tahan panas tinggi sehingga dapat menghasilkan tenaga puncak dan torsi yang lebih besar, slipper/assist clutch, throttle maps (karakter gas) yang dapat dipilih sesuai kondisi, suspensi Showa yang dapat diatur sepenuhnya, dan panel instrumen full color 5 inci yang menakjubkan.

Baca juga:  (Foto) Duel Seru Rossi VS Pedrosa MotoGP Aragon 2015

Review

 

Rute track yang dilewa…

Gravatar Image
Seorang suami, ayah & paman dari keluarga kecil yang bahagia, yang bercita-cita menjadi wirausahawan yang sukses, ingin mengangkat perekonomian di desa dengan cara yang kreatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *